Belajar dari sebuah kebiasaan dalam meningkatkan skill bahasa Inggris

14005_754560751245852_1230217465138610100_n

Kebiasaan dalam meningkatkan skill Bahasa Inggris

 

Kebiasaan

Kebiasaan merupakan kegiatan rutinitas yang kita lakukan setiap hari dan menjadikan hal tersebut adalah kegiatan yang biasa dan wajib dilakukan. Kebiasaan berawal dari keinginan dan perjuangan melakukan suatu kegiatan dan berulang-ulang, pada akhirnya menjadi rutinitas. Salah satu contoh yang paling umum adalah bermain media sosial , Facebook, Twitter, Whatsup atau Line.

Pada awalnya mungkin kita belum mengenal media sosial, namun setelah membuat akun disalah satu media sosial , timbul perasaan atau kemauan lebih untuk membuka dan mengecek apakah ada notifikasi atau mention dari teman.
Pada akhirnya kegiatan tersebut menjadi sebuah rutinitas. Minimal beberapa kali dalam sehari seperti perasaan wajib untuk sekedar mengecek notifikasi, pesan atau update status. Sebuah kebiasaan yang berawal dari kegemaran atau kecanduan media sosial .

 

Lalu mengapa kebiasaan begitu penting untuk dibahas kali ini?

Karena kebiasaanlah yang menjadikan tolak awal usaha anda untuk bisa meningkatkan skill bahasa Inggris anda. Memang untuk memulai apa yang telah saya berikan pada materi Bluperint DamnSpeakEnglish sangatlah mudah untuk ditulis namun susah untuk dilakukan atau dipraktekkan.

Kebiasaan vs Kegemaran
Suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin menjadikan kegiatan tersebut memiliki prioritas untuk menjadi wajib dilakukan. Kegemaran akan menjadikan kebiasaan itu lebih berwarna dan menyenangkan.”

 

Bertindak atau Menunda Bertindak Adalah Sebuah Pilihan

Mereka yang memilih untuk bertindak dan melakukan sesuatu hal yang dapat mengembangkan potensi dirinya adalah seseorang yang memilih untuk hidup. Karena hidup pun juga merupakan ekspresi dari potensi diri untuk melakukan sebuah tindakan.

Dinamis dan cenderung ingin melakukan sesuatu yang baru dan meningkatkan level atau skill yang dimiliki. Mencari sebuah pengalaman baru dan terus berupaya berubah untuk menjadi lebih baik. Namun jangan salahkan pula jika menunda adalah sebuah pilihan pula. Dikarenakan menunda sebuah pekerjaan atau semangat untuk berubah adalah pilihan.

Setelah membaca blog tiotoo.com ini mungkin anda berpikiran artikel dan pdf yang saya berikan disini adalah hal biasa, namun jika anda sudah mendownload dan tidak membacanya, sekali lagi itu adalah pilihan anda. (Baca: eBook How to Speak English Well)

Jangan salahkan blog ini jika kalian tidak mau merubah diri anda untuk berubah karena menunda pilihan untuk berubah. Saya disini hanya ingin menjadikan anda lebih baik dan menerapkan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan skill bicara Inggris anda.

Menunda adalah pilihan yang dipilih karena adanya rasa malas untuk melakukannya atau memilih melakukan berbagai hal. Dimana setelah mendapati strategi dan trik belajar bicara Inggris ini dan menundanya, maka anda akan menunda juga pada langkah kedua untuk belajar bicara Inggris.

Saya bukan menyalahkan anda, namun kebiasaan yang bersifat menunda dan tanpa aksi adalah seperti berangan-angan namun tanpa aksi. Menginginkan sesuatu yang tinggi dan besar namun tiada langkah yang dilakukan, karena selalu menunda dan menunda.

 

1036_450260965009167_1642537591_n
Kapan Harus Bertindak?

Sebenarnya untuk melakukan kapan harusnya kita bertindak atau menunda, tergantung diri pribadi. Mungkin setiap orang memiliki kemauan dan passion yang berbeda. Bagi jiwa yang selalu dinamis, mereka cenderung melakukan langsung untuk apa yang telah mereka dapatkan dan tahu jika hal itu akan membantu dirinya untuk berubah.

Setiap hembusan nafas memiliki perhitungan. Dimana setiap nafas akan menjadikan langkah kita selanjutnya, apakah beberapa menit kedepan kita masih bisa bernafas atau tidak. Perhitungkanlah waktu yang dimiliki dan manfaatkan hal itu untuk berubah.

Ingatlah, jika melakukan sesuatu tanpa tindakan hanya akan menjadi angan-angan. Tiada yang bisa menjamin kesuksesan seseorang, namun kita hanya bisa berusaha yang terbaik. Bukankah tiap doa yang kita panjatkan selalu didengar oleh sang pencipta?
Lakukan aksi dan hentikan penundaan, karena jika sekali menunda pekerjaan, hal ini akan menunda pula kegiatan yang selanjutnya.
Bener Juga, Tapi …

Hal ini pula dapat mempengaruhi pola pemikiran kita dimana saat anda mengomentari sebuah pendapat ataupun masukan yang membangun, dan hanya berkata “bener juga sih, tapi…” Seakan-akan berbeda dengan pendapat kalian dan cenderung menutup diri untuk melakukannya.

Perbedaan atau pertentangan batin dalam diri menjadi salah satu faktor untuk menunda pekerjaan. Namun ada cara yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah hal ini.

1. Terima

Langkah awal yang sebaiknya anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah terima saja apa yang diberikan kepada anda. Dengan menahan diri untuk terus mendengarkan materi yang diberikan.

2. Explore

Lalu kembangkan dalam pemikiran anda, apakah saran atau materi tersebut bersifat membangun atau hanya bertentangan dengan pemikiran kalian. Karena setiap saran dan masukan adalah bersifat membangun dan kadang juga bersifat merusak.
Tanyakan pada diri Anda.

Setelah memahami dan menggali mengenai materi tersebut, hal ketiga yang sebaiknya dilakukan adalah tanyakan pada diri anda. Sesuaikah atau tidak materi tersebut untuk meningkatkan potensi diri anda. Setelah mengetahui kalau materi tersebut bersifat membangun, lakukanlah.

3. Ajukan pertanyaan

Kemudian ajukanlah beberapa pertayaan jika dirasa perlu. Buatlah percakapan hangat antara diri anda dan pemberi materi. Memulailah dengan pertanyaan yang sopan dan saling menghormati. Berikan feedback yang baik untuk mendapatkan respon yang baik pula :)

Semoga Anda sukses mengembangkan potensi diri kalian. Jangan lupa untuk sharing artikel ini dengan mengklik icon salah satu media sosial di bawah artikel ini :)

Tag:

  • bahasa inggris berkeinginan terus mengembangkan diri
  • contoh kebiasaan dalam bahasa inggris
  • ebook meningkatkan bahasa inggris
  • kegiatan yang bisa membuat kita bisa berbahasa inggris