TP#4 – 5 Percepatan Belajar Bahasa Inggris

Pada podcast kali ini saya akan sharing mengenai tips untuk belajar bahasa Inggris, entah itu reading, speaking atau writing dalam bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris bukanlah pelajaran seperti Matematika, Sejarah, Fisika atau Kimia yang bisa dipelajari semalam, namun bahasa adalah sebuah sistem dalam masyarakat untuk berkomunikasi dimana diperlukan untuk berkomunikasi. Dimana orang lain menerima apa yang kita maksudkan dan kita menerima apa yang orang lain katakan. Hal ini merupakan contoh transmisi sederhana pentingnya bahasa.

 

Percepatan Belajar Bahasa Inggris

Ingat pada saat kita umur 2 tahun mulai untuk menerima dan memahami kata-kata yang diucapkan dari keluarga, seperti pengucapan “Mama”, “Papa”. Seperti saat kita belajar SD dimana apa yang kita selalu dengar itulah yang kita pahami. Mungkin ada pula yang berpendapat jika kita bisa berbahasa Indonesia karena tinggal di Indonesia. Tentu saja saya jawab iya. Karena kita mempelajari bahasa adalah sebuah sistem yang hidup di masyarakat. Seperti juga jika kita lahir di Singapura, belum tentu bisa berbahasa Indonesia, namun berbahasa Inggris, bukankah begitu?

 

Percepatan Bahasa Inggris

Podcast:

Untuk Download Podcast ini KLIK disini.

Proses yang lama belajar bahasa

Tanpa disadari, pada saat lahir hingga dewasa, sadarkah jika kita meresepsi dan memahami kata-kata orang sekitar dan menjadikannya sebuah program alam bawah sadar atau unconscious dimana kita tidak sadar olehnya , namun bahasa itu hidup sebagai budaya yang kita ucapkan dan pahami dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Tanpa diminta, saat orang lain berbicara, kita dengan mudah memahaminya tanpa perlu belajar lebih lanjut. Tapi apakah hal ini berlaku dalam mempelajari bahasa asing?

 

Bahasa bukanlah ilmu pasti

Sudah saya ungkapkan di atas, jika bahasa bukanlah ilmu pasti. Dimana kita bisa mempelajari rumus Matematika dalam waktu semalam, atau sejarah sebuah daerah dalam waktu semalam, atau rumus kimia beserta reaksinya dalam waktu semalam. Tapi hal ini tidak berlaku saat kita belajar bahasa asing. Proses panjanglah yang membuat bahasa asing bisa dipelajari dengan baik. Tanpa pengulangan yang baik, bahasa asing sangatlah susah untuk dipelajari. Bisa, mungkin dalam waktu yang lama.

 

Semua butuh proses tidak ada yang instan

Mungkin ada yang bertanya bagaimana cara terbaik cara shortcut untuk menguasai bahasa yang baru atau asing? Saya jawab tidak. Karena sudah dibahas di atas, mungkin cara terbaik dan efektif adalah tinggal di negara tempat kita belajar bahasa yang akan kita pelajari. Namun proses pembelajaran ini tergantung pada individu yang belajar.

 

Beberapa cara yang bisa saya rekomendasikan untuk belajar bahasa asing, saya menyebutnya Acceleration atau percepatan:

1. Autodidak

Belajar dengan diri sendiri. Mulai dari diri sendiri untuk selalu mengupgrade kualitas bahasa asing melalui video, buku-buku di Gramedia, Togamas dan belajar dari materi yang lainnya sendiri.

 

2. Les privat

Mengikuti sistem pelatihan atau kursus untuk mempersingkat waktu dalam belajar bahasa asing. Karena ada correction pada saat anda mungkin melakukan kesalahan, dan diberikan arahan oleh mentor yang berkompeten di bidangnya. Dari itu anda menemukan path atau jalan untuk membuatnya lebih baik.

 

3. Buatlah grup kecil

Buatlah grup kecil yang anda buat. Make a small group. Buatlah grup kecil sebanyak tiga atau empat orang untuk membicarakan topik ringan dalam bahasa Inggris. Misalnya berdiskusi tentang cuaca pada pagi hari ini, keadaan sekitar atau isu yang sedang hangat diperbicarakan.

 

4. Kehidupan anda sehari-hari

Hiduplah dengan orang-orang yang biasa menggunakan bahasa Inggris. Misalnya jika ayah atau ibu anda bisa berbahasa Inggris, berlatihlah dengan mereka untuk menggunakannya dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan menjadi pola dalam kehidupan anda.

 

5. Fokus dan Tekun

Pada percepatan yang kelima ini adalah semua kembali lagi pada diri anda. Apakah niat anda ingin menguasai bahasa Inggris hanya untuk keren-keren atau memang benar-benar ingin bisa. Karena jika kita fokus, apa pun itu, maka step-step atau kita akan melakukan langkah yang mendukung impian itu terealisasikan. Misalnya jika memang benar ingin menguasai bahasa Inggris, maka anda akan dengan sendirinya membeli buku-buku yang mendukung, mengikuti les privat, dan tekun mengulangi pelajaran bahasa Inggris setidaknya tiga kali seminggu.

Hal ini jika diterapkan akan sangat membantu anda dalam menentukan fokus dan arah anda apakah memang benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris atau hanya sekadar status di media sosial. Seperti:

“Saya ingin bisa menulis dalam bahasa Inggris”, tapi anda tidak tahu macam-macam tenses,

“Saya ingin bisa bicara dalam bahasa Inggris”, tapi anda tidak mengerti vocabulary,

“Saya ingin bica membaca bahasa Inggris lancar”, tapi tidak mau mengulang sehari-hari pelafalan yang benar dalam membaca.

Tidak ada yang instan dalam belajar bahasa, termasuk bahasa Inggris. Jika ingin bisa dengan cepat belajar bahasa Inggris, jangan tunggu orang lain untuk mengajari anda. Namun, mulailah fundamental thing atau dasar terpenting yang anda harus siapkan. Semoga artikel dan podcast ini dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri bagaimana memulai belajar bahasa Inggris yang benar. (Download juga eBook Percepatan yang lain disini)

Tentukan arah anda sedari dini. Jika bermanfaat saya sangat senang jika anda menyebarkan artikel dan podcast ini dengan mengklik salah satu media sosial pada website ini atau berikan komentar anda di bawah.

Thanks.

 

Cheers! :)

Tag:

  • bahasa inggrisnya tahun percepatan