Persiapan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2015

Brosur hal 1

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengingatkan melalui artikel ini bahwa untuk mengikuti sebuah beasiswa perlu dipersiapkan tidak hanya mental namun juga kesiapan persyaratan-persyaratan yang diajukan. Karena banyak pembaca yang berpartisipasi pada artikel beasiswa LPDP yang saya tulis sebelumnya di artikel ini Pengalaman Mengikuti Beasiswa LPDP 2015 (BONUS Presentasi KIT)maka kali ini saya ingin mengingatkan kembali karena banyak sekali yang telah mendaftar pada email newsletter TIOTOO tidak membuka email yang saya kirim tersebut. Padahal saat memasukkan nama dan email pada form di halaman tersebut akan saya kirim langsung melalui email kamu atau jika tidak hubungi saya melalui email okta (at) tiotoo.com.

 

Syarat Bahasa Inggris Beasiswa LPDP 2015

*Saya akan membahas persyaratan tentang kemampuan berbahasa Inggris yang menjadi syarat utama beasiswa LPDP

*Ada beberapa persyaratan bahasa Inggris yang menjadi acuan baku dari beberapa persyaratan beasiswa yang ada, namun biasanya adalah TOEFL baik itu PBT (Paper Based Test) atau CBT (Computer Based Test) dan IELTS (International English Language Testing Services). Kali saya ingin menuliskan jika ada beberapa persyaratan yang diperbaharui untuk mendaftar beasiswa LPDP 2015 mulai gelombang yang akan datang ini. Bersyukurlah karena beasiswa LPDP ini dibuka dalam setahun empat kali gelombang. Yaitu diawali Januari, April, Juli, November dan saat saya menulis artikel ini sedang dibuka di gelombang ketiga.

*Ada sedikit perubahan persyaratan ternyata jika dilihat secara seksama. Pada brosur yang kemarin (bisa dibaca disini) tercatat jika persyaratan khususnya bahasa Inggris ada dua, yaitu bisa dengan (a) sertifikat TOEFL baik itu ITP atau IBT atau IELTS bisa juga dengan (b) LoA (Letter of Acceptance) yang Unconditional artinya LoA tanpa persyaratan lagi (alias tinggal masuk saja). Namun sekarang ditambah pada butir yang ketiga yaitu berbunyi:

(c) Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.

(d) Untuk studi program Magister di luar negeri pada Perguruan Tinggi yang bahasa pengantar akademiknya non-bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.(Bisa diunduh sendiri disini)

*Artinya persyaratan (c) secara jelas tersirat jika untuk mendaftar beasiswa LPDP kali ini tidak perlu mempunyai sertifikat TOEFL atau LoA terlebih dahulu, karena bisa menggunakan ijazah dari pendidikan sebelumnya (Bagi yang melamar s2 menyertakan ijasah S1 dan seterusnya).

*Gambarannya seperti ini, jika Anda lulus sarjana dari jurusan yang menggunakan pengantar akademik bahasa Inggris seperti kuliah di jurusan Sastra Inggris, Sastra Perancis, atau jika S2 kuliah di American Studies, CRCS (Center for Religius and Cross-cultural Studies). Beberapa perkuliahan yang saya sebutkan tadi menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris, artinya kita bisa menggunakan ijazah sebagai pengganti butir (a) dan (b). Jadi tanpa perlu mengikuti tes TOEFL lagi atau mendapatkan LoA terlebih dahulu.

*Sedangkan untuk butir yang (d), misalnya untuk program Master atau Doktor ingin mengambil di negara tujuan yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademik, misalnya perkuliahan di Jepang yang menggunakan bahasa Jepang, bisa menggunakan sertifikat tes Bahasa Jepang untuk dapat dijadikan pertimbangan seleksi.

 

Sertifikat TOEFL Sebagai Persyaratan Beasiswa LPDP

Walaupun ada tambahan pada butir (c) dan (d), namun saya kira sertifikat TOEFL masih menjadi primadona bagi pendaftar beasiswa LPDP 2015. Namun, saya akan memberikan informasi kepada Anda yaitu tentang kapan dibukanya tes TOEFL. Ya, tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang masih digunakan sebagai syarat seleksi salah satunya. Pada tahun ini biaya mengikuti tes TOEFL ITP ini adalah 400-425 ribu. Saya kira, Tes TOEFL ITP ini lebih diambil dari pada tes TOEFL IBT dan IELTS yang sampai 1,9 jutaan harganya sekali tes. Maka sangat riskan sekali bagi pelamar atau yang mengikuti tes tersebut untuk pertama kali. Jadi tes TOEFL ITP adalah tes untuk memenuhi persyaratan mengikuti beasiswa LPDP yang paling memungkinkan.

Oleh karenanya, saya akan menyampaikan beberapa jadwal tes TOEFL ITP pada bulan JULI ini. Supaya dapat dipersiapkan untuk mengikuti beasiswa LPDP yang gelombang keempat yaitu pada bulan November. Jadwal tes ini bisa dilihat di gambar di bawah. Jadwal ini resmi dikeluarkan oleh institusi penyelenggara resmi tes TOEFL ITP di Jakarta yaitu IIEF (Indonesian International Education Foundation) atau buka webnya disini IIEF Indonesia.

Tes TOEFL ITP

Atau bisa mendownloadnya langsung gambar dengan resolusi tinggi disini (DOWNLOAD).

Kesimpulan

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan yang terbaik dalam melengkapi berbagai persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti beasiswa LPDP 2015. Jika ada pertanyaan sampaikan saja di Pengalaman Mengikuti Beasiswa LPDP 2015 (BONUS Presentasi KIT).

 

Cheers!

Tag:

  • lembaga toefl yang diakui lpdp
  • sertifikat toefl yang diakui
  • lembaga tes toefl yang diakui
  • adakah tes bahasa inggris saat ujian lpdp
  • biaya siswa lpdp toefl tes of arabic language
  • sertifikat toefl yang diakui lpdp
  • lembaga tes toefl yang diaku
  • sertifikat toefl LIA yang diakui
  • tes toefl yg di