Cara Terbaik Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis Buku

Ayo Menulis Buku

 

Buku merupakan sumber inspirasi. Melalui buku kita dapat belajar banyak hal dan menambah pengetahuan. Buku sebagai jendela dunia serta beberapa efek positif dari sebuah buku. Namun apakah Anda mempunyai mimpi untuk menulis bukumu sendiri ? Jika iya, ada beberapa langkah yang bisa Anda jadikan pijakan untuk menulis bukumu sendiri. Check this out !

Ada beberapa cara untuk memulai menulis buku

 

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Kebanyakan inspirasi berawal dari lingkungan sekitar kita. Misal dalam kamar Anda terdapat berbagai buku yang mungkin bisa Anda jadikan ide awal Anda menulis. Contoh; Anda memiliki beberapa buku tentang psikologi dan motivasi. Anda dapat mencari ide bagaimana cara memotivasi diri setelah terpuruk. Jadi bisa digali ide pokok yang tergambar untuk bab yang akan dibahas dalam eBook.

 

Gunakan beberapa menit untuk Googling

Anda dapat mencari informasi apa pun mengeai apa yang ingin Anda cari. Ketikkan niche yang ingin dicari. Misalnya memancing, search di google, “cara memancing”, “langkah-langkah memancing”, “step yang dilakukan dalam memancing”. Blog maupun website yang sesuai dengan keyword tersebut akan muncul dan saring ide yang tersirat pada blog atau website tersebut kemudian olah menjadi bab dalam Buku Anda. Contoh:

Toko Buku Amazon
1. Bukalah Amazon.com, lalu ketiklah sesuai dengan bab atau niche eBook yang ingin Anda tulis.Contohnya jika blog atau eBook Anda mengenai memancing,

Anda bisa ketikkan keyword fishing.

2. Pilih salah satu buku hasil pencarian dan klik pada salah satunya. Oke setelah Anda buka, Anda mengetahui cover buku dan juga harga yang dijual.

3. Setelah itu, Amazon membolehkan untuk melihat isi dari buku tersebut. Ini merupakan hal yang menarik untuk mencari inspirasi dalam daftar isi yang ingin ditulis pada Buku Anda.

Oke Anda telah mendapatkan idenya.

Anda telah mendapat ide untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat Buku Anda setelah memperoleh inspirasi dari melihat cover buku dari Amazon. Sekarang Anda dapat meneruskan untuk menulis daftar isi pada Buku Anda.

 

Buku tentang How to
Buku yang juga banyak dicari adalah buku ini. Yaitu buku mengenai prosedur atau cara memulai sesuatu.
Misalnya,
1. How to make your own life happy

2. How to unbreak your heart

3. How to get a high score on IELTS

4. LULUS TOEFL dengan 600

5. Cara Meraup Dollar di Internet

6. 14 Bab Percepatan Skor TOEFL

Masih banyak lagi yang dapat dikembangkan di sini. Buku, dimana keringkasannya dan marketnya menggunakan internet sesuai dengan niche yang Anda pahami.Jadi Anda tidak perlu untuk menulis buku yang general atau bersifat umum. Seperti Bagaimana Menggunakan Internet, Bagaimana Menggunakan Photohop. Sudah banyak buku di toko buku untuk menjual buku semacam ini.

Buku dapat lebih spesifik dalam lingkupnya. Jadi Anda harus membatasi dan membuat Buku Anda lebih spesifik. Misalnya Anda mempunya hobi memancing dan ingin menulis Buku tentang memancing, bisa membuat judul “Rahasia Memancing Ikan Air Tawar” atau “Bagaimana Merencanakan Perjalanan Memancing Anda”.

Jadikan judul Buku yang akan Anda tulis lebih spesifik dan megenai sesuatu yang unik dan kebanyakan orang mencari untuknya.

 

Semoga bisa mendapatkan inspirasi dari beberapa langkah di atas :)

Tag:

  • menulis
  • apa yg membuat mendapatkan inspirasi