Cerita Kesuksesan Beasiswa Erasmus Mundus dengan Mahayu Firsty [sesi6]

Mahayu Firsty Profil

 

Sukses Beasiswa Erasmus Program Areas – Mahayu

Hai pembaca Tiotoo.com, kali ini Tiotoo .com kedatangan tamu yang luar biasa lainnya. Yaitu mbak Mahayu Firsty Ramadhani, selaku ketua Panitia seminar Erasmus Mundus dengan judul seminar Europe in a Click di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 18 April 2015 kemarin.

 

Play Podcast :

PLAY PODCAST DAN DOWNLOAD PODCAST DISINI

Profil singkat Mahayu Firsty Ramadhani

Alumni Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM asal Madiun Jawa Timur dimana Mahayu mengambil jurusan Ilmu Gizi. Mahayu mendapatkan kesempatan untuk pertukaran mahasiswa di Brno, Republik Ceko pada Program Areas dari Erasmus Mundus tahun 2012/2013 dan mengambil jurusan Regeneration and nutrition in Sport di Faculty of Sports Studies, Masaryk University (Universitas terbesar kedua setelah Charles University di Praha, Ceko).

Ia mengambil 6 mata kuliah, jalan-jalan sebulan sekali, selama 10 bulan di Ceko dan belajar pelajaran yang belum didapat di UGM. Dalam 10 bulan, perbulan 1000 Euro di Ceko sangat banyak banget dan biaya hidup ga mahal dan dalam 1 bulan menghabiskan 400 Euro dan sisa 600 Euro untuk jalan-jalan, oleh-oleh dan ditabung.

 

Awal Mahayu Mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus

Bagaimana Mahayu mendapat informasi beasiswa Exchange ini awalnya dari dulu karena ia ingin kuliah ke German. Mulai masuk kuliah di Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran UGM, ia sering cari informasi dari senior dan juga kebetulan di UGM informasi tentang beasiswa sangat terbuka terutama dari websitenya Kantor Urusan Internasional UGM, di OIA.ugm.ac.id.

Pada tahun pertama sudah mengetahui adanya beasiswa Eropa yang namanya Lotus, Areas. Erasmus mundus memiliki banyak program. Khususnya di UGM, kerjasama Erasmus dan UGM seperti Lotus, Areas, Panacea dan Gate. Sementara contoh lainnya di IPB dan ITB memiliki program sendiri.

Program-program ini adalah program dari Erasmus Mundus khusus untuk pertukaran mahasiswa, sedangkan bagi yang ingin mendaftar S2 atau S3 bisa mendaftar untuk seluruh Universitas di Indonesia. Untuk program kedua ini memiliki Target grup, 1, 2 dan 3. Target grup 1 khusus untuk Universitas yang telah berafiliasi dengan Erasmus. Target Grup 2 untuk Universitas dari Indonesia yang tidak berafiliasi dengan Erasmus. Sedangkan Target Grup 3 bagi mahasiswa yang berada pada negara terpencil atau sedang konflik. Beasiswa Erasmus khusus adalah beasiswa dari pemerintah Uni Eropa yang memiliki anggaran bagi mahasiswa diseluruh dunia untuk membuka kesempatan kuliah di Universitas-Universitas di Negara yang tergabung di Uni Eropa.

 

Pada Podcast ini apa yang dibahas ?

– Bagaimana syarat-syarat penting apa saja dan kejelian Mahayu untuk melengkapi persyaratan saat mendaftar Erasmus Mundus ?

– Bagaimana strategi dari Mahayu untuk menuliskan motivation letternya saat mendaftar terutama terkait dengan jurusan dari Universitas yang akan diambil ?

– Bagaimana pengalaman Mahayu menyesuaikan diri perbedaan bahasa dan budaya saat di Ceko ?

– Apa sebenarnya tujuan utama Mahayu saat pertukaran mahasiswa di Ceko ?

– Bagaimana awal Mahayu bertahan atau membiasakan diri dengan kesulitan bahasa dan perbedaan budaya ?

– Apa impresi dan pengalaman yang berkesan bagi Mahayu saat pertukaran mahasiswa di Ceko ?

 

Pesan dari Mahayu bagi para calon pendaftar beasiswa luar negeri:

“Jangan pernah takut gagal dan berdoa, banyak mencari informasi secara mandiri dan bertekad kuat”

Website yang disebutkan dalam podcast:

Blog Mahayu Firsty Ramadhani dan Twitter Mahayu

Kantor Urusan Internasional UGM atau Office of International Affairs

Erasmus Mundus (Indonesia)

Masaryk University, Rep. Ceko.

:: Bagi yang ingin download materi file seminar Europe in a click + Pertanyaan kemarin bisa diunduh disini

 

:: Jangan lupa untuk share artikel dan podcast dan berikan komentar di bawah :)

Tag:

  • beasiswa Erasmus Mundus areas
  • beasiswa s2 praha