Pengalaman Seleksi Wawancara Beasiswa LPDP

Pengalaman Seleksi Beasiswa LPDP Doktoral 2016

Sesuai dengan judul di atas, melalui artikel ini saya akan sharing bagaimana pengalaman saya mengikuti tahapan seleksi substansial untuk beasiswa doktoral LPDP. Setelah lolos di tahapan awal, yaitu seleksi administratif dari menulis beberapa detail biodata, esai, dan proposal penelitian untuk rencana disertasi.

Nah, di tengah kesibukan saya, kebetulan saya sempat membuat video ini berisi cerita sedikit saya saat mengikuti seleksi ini terutama mengapa saya bisa lolos. Banyak juga yang menanyakan melalui Line, “mas, bagaimana caranya lolos seleksi wawancara?”, “mas, jangan-jangan mas itu orang dalam ya?”, “bagi tipsnya dong mas?”, “boleh saya mengopi esai dan proposalnya mas buat acuan saya?”. Ya, dari beberapa pertanyaan tersebut, saya berinisiatif untuk membuat sebuah panduan, atau e-guide (electronic guide) khusus mendaftar dan mempersiapkan beasiswa LPDP ini baik untuk beasiswa Tesis/disertasi, beasiswa magister/doktoral dan beasiswa dokter spesialis.

Saya sarankan untuk menonton Video saya sebelum membaca artikel lengkap saya di bawah ini:

Saya juga mau mengklarifikasi bahwa saya bukan orang dalam, hehe. Tapi saya memang suka untuk mengikuti perkembangan dari teman-teman yang cerita baik di blog, melalui pengalaman saya dan teman kelas saya. Semua itu sangat membantu saya dalam menghadapi dan mempersiapkan untuk mengikuti seleksi ini. Pun, saya menghabiskan waktu yang terbilang lama, yaitu setahun hingga saya memutuskan untuk mendaftar beasiswa lpdp untuk doktoral.

 

Pengalaman Beasiswa LPDP 2016

Pengalaman saya mengikuti seleksi beasiswa tesis juga sangat membantu saya dalam mempersiapkan seleksi ini. Jadi saya sarankan untuk membaca tulisan saya yang terbilang lengkap dari A-Z beserta tips dan strategi dari saya (Bisa dibaca disini: Pengalaman Mengikuti Beasiswa Tesis LPDP dan Podcast Lolos Seleksi Beasiswa Tesis LPDP). Banyak yang juga bilang, postingan saya sangat lengkap untuk mempersiapkan baik dari awal persiapan berkas maupun menghadapi seleksi wawancara.

Dari berbagai pertanyaan yang saya terima, akhirnya saya berinisiatif untuk merancang sebuah panduan untuk mempersiapkan seleksi ini, mulai dari A-Z dari mengurus perlengkapan berkas di awal, format yang saya gunakan saat menulis esai, tips saat seleksi wawancara, tips bagaimana menghadapi proses LGD (Leaderless Group Discussion) dan bagaimana mendominasinya, dan masih banyak lagi yang saya persiapkan nantinya. Kapan panduan ini dibuka ? Secepatnya ! Saya sedang menyelesaikan dengan sepenuh hati sehingga konten yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya disertai tips dan strategi untuk lolos.

Jadi Anda tidak perlu untuk mencari informasi ini sendirian lagi. Tidak perlu browsing mencari atau membaca pengalaman dari awardee di blog, website atau sosial media lain. Tidak perlu juga membuang banyak waktu dan energi. Persiapkan sedini mungkin untuk merancang kelolosan Anda. Karena Beasiswa LPDP ini ditujukan kepada calon awardee yang SIAP. Satu kelompok PK (Persiapan Keberangkatan bagi awardee magister/doktoral) banyak diantaranya yang mengambil di luar negeri dan hanya beberapa saja di dalam negeri bisa dihitung jari, hehe.

Ingin mendapatkan panduan ini? Anda bisa mendaftarkan diri di email newsletter Tiotoo di bawah ini untuk kemudian saya mengirimkan informasi kapan panduan ini selesai, secepatnya. Terimakasih.

Sukses selalu untuk Anda semua!

Salam,
Okta



  • Dwi Nurhayati

    Butuh IELTS tinggi untuk keperluan akademik, professional & imigrasi?
    Kami menyediakan program kilat, yaitu GARANSI IELTS 7.5 dalam 4 bulan. Berpengalaman lebih dari 14 tahun, satusatunya di Indonesia yang memiliki program GARANSI IELTS 8.0 & score internasional dari 4000 alumni kami merupakan yang paling spektakuler di Indonesia. 08787 8787 190