SALAH SATU FRUSTASI TERBESAR YANG PERNAH SAYA DENGAR, "OKTA, AJARIN DONG BAGAIMANA CARA MENULIS DALAM BAHASA INGGRIS? SAYA PUSING BELAJAR MACAM TENSES"

 

Saya paham jika tidak mudah dalam memahami tenses. Apalagi jika saat waktu sekolah baik di SMP dan SMA dulu hanya diajarkan bagaimana menghafal rumus tenses, bukan memahami. Dan semua itu menyebalkan.

Karena pada saat belajar di sekolah atau mengikuti les tambahan Anda hanya mempunyai waktu 45-60 menit dalam memahami 3 tenses utama sekaligus (Present, Past dan Future) beserta sub-tensesnya.

Katakan, apakah hal ini terasa familiar di telinga anda: "Lalu, apa yang harus saya lakukan untuk mempelajarinya?"

Haruskah saya menghafal rumus-rumus tenses seperti menghafal rumus fisika, matematika dan kimia ? Jika iya, apakah saya juga harus mengikuti les tambahan untuk memahaminya ? Saya hanya ingin bisa menulis dalam bahasa Inggris, apakah harus belajar tenses juga ? Belajar tenses sebegitu pentingkah ?

OMG, saya juga pusing mendengarkan pertanyaan semacam itu.

Jika semua benar, anda tidak sendirian karena saya pun pernah begitu, DULU. Waktu itu saya merasa frustasi karena tidak paham apa yang dinamakan tenses dan polanya. Nah, sekarang Anda berada pada tempat yang tepat.

 

 

SELAMA 4 TAHUN SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS TAHUN 2008 DI JURUSAN SASTRA INGGRIS. SAYA TIDAK MEMILIKI IDE MENGAPA SAYA MEMILIHNYA

 

Benar, tidak ada alasan khusus waktu itu. Kecuali saya hanya ingin belajar bahasa Inggris lebih dalam. Walaupun nilai bahasa Inggris saya pada waktu itu cukup lumayan 85, namun jujur saya tidak paham pola tenses dan itu pun saya juga mengikuti les privat bahasa Inggris pada guru saya.

Awal pertama perkuliahan tidak berjalan mulus. Beberapa nilai mata kuliah wajib mendapatkan D dan IPS 2 semester awal waktu itu hanya 2,5.

Namun, saya tetap bertahan dan tiap semester berlalu dengan peningkatan yang signifikan.

Saya mulai mengerti dan belajar memahami bahasa Inggris tidak seperti yang saya alami waktu sekolah dulu. FOKUS dan METODE yang tepat membuat saya lancar dalam mengerjakan tugas kampus, seperti menjawab soal-soal tenses, menulis paper, presentasi dalam bahasa Inggris dan skripsi juga dalam bahasa Inggris.

Menghabiskan waktu 4 tahun dalam belajar bahasa Inggris. Ya, akhirnya saya paham apa itu tenses dan bagaimana memahami melalui struktur polanya. Dan, hal terbesarnya saya sadar jika SEMUA step menulis dalam bahasa Inggris itu memang dasarnya dari tenses yang membuat mudah.

 

LALU ADA ALASAN MENGAPA BELAJAR TENSES, SIH?

 

 

ALASAN #1

Belajar menulis tidak akan bisa langsung dalam bentuk paragraf

Ingat saat pertama dulu belajar di SD bagaimana membuat sebuah kalimat bahasa Indonesia dengan pola SPOK, jika suatu kalimat harus mengandung unsur subyek, predikat dan objek. Dan hal ini diajarkan terus menerus hingga SMP ? Hal ini juga sama dalam bahasa Inggris.

 

ALASAN #2

Bentuk tenses yang unik

Seperti yang kita tahu bahwa tenses memiliki pola waktu yang unik dan spesifik. Artinya setiap waktu memiliki rumus tenses sendiri, seperti present (masa sekarang), past (masa lalu), dan future (masa depan). Oleh karenanya sangat penting untuk memahaminya.

 

ALASAN #3

Sangat membantu dalam menulis

Melalui pemahaman pola tenses, hal ini akan membantu Anda dalam membuat sebuah kalimat dalam bahasa Inggris dan menyusunnya menjadi sebuah paragraf utuh.

 

ALASAN #4

Tidak perlu waktu lama memahami pola waktu sebuah soal

Tenses membuat Anda mudah untuk menentukan kalimat dalam suatu soal termasuk dalam pola tenses apa dan kemudian memudahkan untuk memilih jawaban yang tepat. Sebenarnya tidak hanya pada sebuah soal, namun semua kalimat dalam bahasa Inggris.

 

ALASAN #5

Memulai belajar berbicara dalam bahasa Inggris

Banyak metode memang dalam melatih percakapan bahasa Inggris, namun belajar tenses akan lebih membantu. Terutamanya adalah membuat sebuah kalimat sederhana yang sesuai dengan pola waktu yang terjadi. Meskipun terkadang ada yang menganggap struktur kalimat tidak terlalu dalam sebuah percakapan dan paling penting saling memahami apa yang diucapkan, setidaknya belajar tenses dapat meminimalisir kesalahan struktur kalimat tersebut.

 

Lalu apa saja yang menghambat kita dalam belajar TENSES ?

 

Beberapa "mitos" yang menarik mengenai belajar tenses:

MITOS #1

 

"Saya sudah pernah belajar tenses, bahkan saat di SD"

MITOS #2

"Belajar tenses itu susah"
MITOS #3

"Banyak rumus yang harus dihafalkan dan bahasa Inggris bukanlah rumus-rumus! "
MITOS #4

"Tenses tidak dibutuhkan dalam menjawab soal-soal bahasa Inggris"
MITOS #5

"Saya tidak perlu belajar tenses lagi untuk bisa menulis dalam bahasa Inggris"
MITOS #6

"Saya tidak membutuhkan tenses saat berbicara dalam bahasa Inggris"
MITOS #7

"Belajar tenses hanya membuang-buang waktu"

 

Beberapa mitos di atas sering Anda dengar ?

Setelah mendengarkannya, saya juga yakin jika belajar tenses ini tidak penting karena telah mempelajarinya sewaktu SD, SMP hingga SMA dulu. Namun, pada waktu kuliah mau tidak mau saya harus belajar tenses untuk dapat menulis dalam bahasa Inggris. Dan menemukan beberapa kegelisahan.

- Apakah benar tenses ini sangat penting?
- Saya bingung, kalimat ini menggunakan tenses apa ya!
- Banyak sekali rumus tenses yang dihafalkan!
- Bagaimana saya harus mempelajarinya ?

Berjalannya waktu, akhirnya saya berusaha sekeras mungkin menemukan sebuah metode untuk memahami tenses.

Beberapa cara saya lakukan untuk menghapal rumus, menerapkannya dan mengaplikasikannya pada sebuah kalimat. It works!

 

Lalu apa yang terjadi ?

Beberapa hasil yang saya dapatkan setelah belajar tenses:

- Tugas makalah dalam bahasa Inggris saya kerjakan dengan santai

- Skripsi dalam bahasa Inggris pun berhasil dengan mendapatkan nilai AB (setidaknya nilai ini saya peroleh karena topik yang saya ambil bukan karena struktur paragraf)

- Nilai tes bahasa Inggris English Language Proficiency Test (ELPT) saya mendapatkan skor 567 dan skor TOEFL ITP saya mendapat 500

- Akhirnya bulan Juni 2013 kemarin buku saya terbit berjudul Percepatan SKor TOEFL

Kebiasaan saya dahulu berubah, dimana setiap membuat kalimat dalam bahasa Inggris tidak perlu lagi membuka rumus-rumus tenses. Dan percayalah, jika saya bisa melakukannya, jadi Anda juga bisa.

Anda bisa memulainya kembali untuk mempelajari tenses dalam upaya bagaimana menulis dalam bahasa Inggris.

Misi saya dalam membuat eBook ini adalah membantu Anda dalam menemukan metode terbaik secara tekstual dalam belajar Tenses step demi step.

Oleh karenanya, saya memperkenalkan sebuah metode yang SEDERHANA, APLIKATIF dan EFEKTIF untuk dijalankan dalam mempelajari tenses seperti apapun Anda telah belajar tenses dan berapapun usia Anda. Atau Anda sebagai orang tua, bisa membelinya untuk anak atau saudara Anda.

Ini yang akan saya katakan kepada Anda:

Dapatkah saya menggaransi Anda langsung bisa menguasai Tenses ? Saya jawab tidak. Saya tidak menggaransi Anda bagaimana nantinya Anda belajar Tenses dengan sungguh-sungguh itu tergantung Anda, hasil bisa bervariasi, TETAPI... Saya dapat memberikan metode secara TEPAT dalam bentuk blueprint.

SELAMA 4 TAHUN SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK MENEMUKAN CARA TERBAIK MENGUASAI TENSES JADI ANDA TIDAK PERLU MELAKUKANNYA.

SAYA TELAH MENCOBA MENJALANKAN APA YANG SEHARUSNYA DALAM BELAJAR TENSES, INILAH YANG AKAN ANDA DAPATKAN, "METODE PERCEPATAN TENSES".

CARA TERBAIK, STEP DEMI STEP. TANPA HARUS BINGUNG. TANPA FRUSTASI. MEMPERLIHATKAN KEPADA ANDA POLA-POLA TENSES YANG DAPAT DENGAN MUDAH DIPELAJARI.

Bayangkan, mulai dari memperkuat dasar Anda dalam belajar Tenses akan membuat Anda lebih mudah untuk menulis, mengetahui pola kalimat, dan mengerjakan soal dalam bahasa Inggris dengan mudah.

Oleh karenanya, hilangkan frustasi dan kebingungan yang Anda alami dahulu. Anda akan dipermudah dalam memahami pola tenses menggunakan metode percepatan.

Saya akan memperlihatkan kepada Anda step demi step dan bagaimana memulai belajar Tenses. Mengeliminasi kegelisahan dan kebingungan. Sangat keren bukan ?

Mungkin Anda berpikiran jika: "Akankah metode ini akan bekerja pada Anda?"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Metode Percepatan Tenses ini TIDAK didesain untuk Anda yang ingin cepat belajar Tenses tanpa usaha, yang meremehkan Tenses itu tidak penting, atau berharap dalam sehari bisa menguasai Tenses.

Jika Anda telah membeli buku saya sebelumnya, Percepatan Skor TOEFL, maka Anda akan menyukai Metode Percepatan Tenses ini dan telah dicetak 8000 COPY. Baca selengkapnya disini.

Atau salah satu testimoni pada buku saya itu,

“Iseng buka biodata penulis.. ealah ternyata bolo dewe.. fakultas tetangga.. pantes bahasanya mahasiswa bangeeet.. ndak njlimet.. recommended nh buat toefl preparation” -Jenny F Shandy- (2014 – Melalui Path)

Bukunya oke, step step ngajarin na cukup detail. Cocok buat yang masih newbie ambil toefl. Tapi kl untuk advanced learner soal soal yg diberikan terlalu mudah dan kurang kompleks. Last but not least, bukuna udah dipinjem sana sini hehe dan rata rata yg masih newbie ambil toefl bilang kl belajar dr situ cukup mudah dipahami =D – Vera (Bruce Dame Laora)

 

 

 

Apa itu Metode Percepatan Tenses ?

Metode Percepatan Tenses adalah metode dimana memahami bentuk tenses dengan membuat struktur awal dalam pengkategorian tenses dan sub-tenses dalam bentuk tabel dan diikuti pola waktu yang digunakan untuk memudahkan pemahaman. Disini kuncinya adalah pemahaman dan tidak sekadar menghafal, yaitu Metode Percepatan merupakan metode yang memudahkan memahami dasar struktur awal pembentuk kalimat.

Fokus pada 12 macam Tenses. Mengapa tidak 16? Karena yang sering dipakai adalah 12 Tenses. Meskipun begitu untuk Past Future Tense tetap dilampirkan dalam pengayaan.

 

 

Apa manfaat setelah mempelajari melalui Metode Percepatan Tenses ini ?

- Anda dapat mengidentifikasi baik kalimat atau paragraf menggunakan pola tenses apa.

- Dapat mengetahui masing-masing pola tenses beserta rumusnya.

- Mampu untuk mengaplikasikan materi dengan cepat saat mengerjakan soal melalui kata kunci waktu yang digunakan.

- Mengetahui apa yang harus kalian lakukan saat mengerjakan soal tenses.

- Mempercepat kalian menguasai tenses melalui tiga tahap: identifikasi, deskripsi dan aplikasi

 

Perlu Mencoba Apa itu Metode Percepatan Tenses ? Lihat video di bawah ini dan download sekilas Look inside eBooknya.

 

 

3 BONUS KEREN AKAN ANDA DAPATKAN (Upgrade)

#1 Ultimate Bonus SOAL TENSES

- Ada 100 soal untuk memantapkan Anda belajar tenses

- Soal dalam bentuk pilihan ganda, isian paragraf, dan koreksi paragraf

- Video Jawaban Soal

- Bentuk PDF dan Mp4

 

 

 

 

 

#2 Hitung Skor Anda dan Struktur Tenses

- Berbentuk rumus excel yang otomatis memberikan nilai berapa jawaban benar Anda pada bonus soal tenses

- Diagram pohon ringkasan rumus-rumus Tenses

- Bentuk format Excel, PDF

 

 

 

 

 

 

#3 SEMATKAN KAMUS

- Manfaatkan 3 kamus gratis, Kamus bahasa Inggris-Indonesia, Kamus Bahasa Indonesia dan Kamus Jhon Echol.

- Ketiga kamus ini sering saya gunakan. Sangat membantu saya, karena kamus ini memudahkan saya saat menemukan kata-kata bahasa Inggris yang sukar. Tinggal copy dan paste pada file pdf untuk mengetahui artinya tanpa repot membuka kamus manual.

- Bentuk file Rar dan Exe.

 

 

 

Tunggu dulu, mungkin Anda bertanya video apa itu?


Ini adalah video jawaban dari Bonus 100 soal tenses. Total 7 video durasi 2,6 Jam!, masing-masing 22 menit yang bisa Anda perhatikan jadi bukan hanya jawaban a,b,c dan d. Lihat detailnya di Look Inside dan contoh video di bawah:

 

 

 

DOWNLOAD SEKARANG

== GRATIS ==

 

google play

Atau

KLIK DISINI

untuk mengikuti Kursus Video Tenses Gratis

 

FAQ

Bagaimana jika butuh bantuan ?
Jika anda butuh bantuan, segera hubungi CS kami melalui email: okta@tiotoo.com atau BBM 53DA2DED

Untuk siapa Metode Percepatan Tenses ini ?
saya memperkenalkan sebuah metode yang SEDERHANA, APLIKATIF dan EFEKTIF untuk dijalankan dalam mempelajari tenses seperti apapun Anda telah belajar tenses, dan berapapun usia Anda. Atau Anda sebagai orang tua, bisa membelinya untuk anak atau saudara Anda.

Metode Percepatan Tenses ini bukan untuk siapa ?
Metode Percepatan Tenses ini TIDAK didesain untuk Anda yang ingin cepat belajar Tenses tanpa usaha, yang meremehkan Tenses itu tidak penting, atau berharap dalam sehari bisa menguasai Tenses. Sesederhana itu.

 

Salam,

 

Okta Wibowo

Person behind Tiotoo.com

 

P.S. Coba pikirkan lagi! Anda tidak akan pernah lagi bingung untuk memulai belajar memahami tenses, bagaimana mengidentifikasinya, atau mengaplikasikannya dalam bentuk kalimat! Klik disini untuk mendownload Metode Percepatan Tenses !


 

Copyright 2014 Tiotoo.com | Kontak